Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Berikut Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri

Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri

Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK. 01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri. Panduan saat kembali bekerja pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), antara lain :

  1. Pihak manajemen/Tim Penanganan COVID-19 di tempat kerja selalu memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi Pemerintah Pusat dan Daerah terkait COVID-19 di wilayahnya, serta memperbaharui kebijakan dan prosedur terkait COVID-19 di tempat kerja sesuai dengan perkembangan.
  2. Mewajibkan semua pekerja menggunakan masker selama di tempat kerja, selama perjalanan dari dan ke tempat kerja serta setiap keluar rumah.
  3. Larangan masuk kerja bagi pekerja, tamu/pengunjung yang memiliki gejala demam/nyeri tenggorokan/batuk/pilek/sesak nafas. Berikan kelonggaran aturan perusahaan tentang kewajiban menunjukkan surat keterangan sakit.
  4. Jika pekerja harus menjalankan karantina/isolasi mandiri agar hak-haknya tetap diberikan.
  5. Menyediakan area/ruangan tersendiri untuk observasi pekerja yang ditemukan gejala saat dilakukan skrining.
  6. Pada kondisi tertentu jika diperlukan, tempat kerja yang memiliki sumber daya dapat memfasilitasi tempat karantina/isolasi mandiri.

Menkes juga mengeluarkan SE Nomor : HK.02.01/MENKES/335/2020

Protokol Pencegahan Penularan Covid 19 di Tempat Kerja Sektor Jasa dan Perdagangan (Area Publik). Bagi Pengurus atau Pengelola Tempat Kerja/Pelaku Usaha pada Sektor Jasa dan Perdagangan (Area Publik):

  1. Melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala di area kerja dan area publik (mendisinfeksi fasilitas umum yang sering disentuh publik setiap 4 jam sekali).
  2. Menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan mudah diakses oleh pekerja dan konsumen/pelaku usaha.
  3. Pastikan pekerja memahami perlindungan diri dari penularan COVID-19 dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
  4. Melakukan pengecekan suhu badan bagi seluruh pekerja sebelum mulai bekerja dan konsumen/pelaku usaha di pintu masuk. Jika ditemukan pekerja dengan suhu >37,30C (2 kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit), tidak diperkenankan masuk dan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.
  5. Mewajibkan pekerja dan pengunjung menggunakan masker.
  6. Memasang media informasi untuk mengingatkan pekerja, pelaku usaha,pelanggan/konsumen dan pengunjung agar mengikuti ketentuan pembatasan jarak fisik dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir/handsanitizer dan menggunakan masker
  7. Melakukan pembatasan jarak fisik minimal 1 meter:

1) Memberikan tanda khusus yang ditempatkan di lantai area padat pekerja seperti ruang ganti, lift, dan area lain sebagai pembatas jarak antar pekerja.
2) Pengaturan jumlah pekerja yang masuk agar memudahkan penerapan menjaga jarak.
3) Pengaturan meja kerja, tempat duduk dengan jarak minimal 1 meter.

h. Melakukan upaya untuk meminimalkan kontak dengan pelanggan:
1) Menggunakan pembatas/ *partisi* (misalnya flexy glass) di meja atau counter sebagai perlindungan tambahan untuk pekerja (kasir, customer service dan lain-lain).
2) Mendorong penggunaan metode pembayaran non tunai (tanpa kontak dan tanpa alat bersama).

i. Mencegah kerumunan pelanggan, dapat dilakukan dengan cara:
1) Mengontrol jumlah pelaku usaha/pelanggan yang dapat masuk kesarana ritel untuk membatasi akses dan menghindari kerumunan.
2) Menerapkan sistem antrian di pintu masuk dan menjaga jarak minimal 1 meter.
3) Memberikan tanda di lantai untuk memfasilitasi kepatuhan jarak fisik, khususnya di daerah yang paling ramai, seperti kasir dan customer service.
4) Menerima pesanan secara daring atau melalui telepon untuk meminimalkan pertemuan langsung dengan pelanggan. Jika memungkinkan, dapat menyediakan layanan pesan antar (delivery services) atau dibawa pulang secara langsung (take away).
5) Menetapkan jam layanan, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan pemerintah daerah setempat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terbaru

Teknologi

Dilaporkan sebelumnya bahwa pada tanggal 9 Juni 2020 Xiaomi bakal mengungkap seri smartphone Redmi Note terbarunya di Indonesia, yakni Redmi Note 9 dan 9...

Covid-19

Laporan permasalahan virus Corona COVID-19 di Indonesia terus diadukan secara rutin guna tiap daerah. Di Jawa Timur misalnya, seluruh orang dapat memantau penyebaran pasien...

Berita

Berdasarkan data yang masuk sampai Minggu (31/5/2020) pukul 12.00 WIB, diketahui terdapat 700 permasalahan baru Covid-19 di Tanah Air. Pemerintah menunjukkan bahwa masih terjadi...

Berita

Demonstrasi besar-besaran dan kericuhan terjadi di Amerika kemarin Senin (25/5/2020). Hal ini disebabkan karena Kematian penduduk kulit hitam Amerika Serikat, George Floyd akibat ulah...

Lowongan Kerja

PT. Bintang Prima Kemasindo membuka lowongan untuk beberapa posisi: Teknisi 1. Maintenance mesin produksi 2. Instalasi/reparasi kelistrikan, jaringan air, jaringan WIFI/LAN, CCTV Persyaratan: 1....

Pendidikan

Ikatan Guru Indonesia (IGI) meminta Kemendikbud guna menggeser tahun ajaran baru 2020/2021 ke bulan Januari 2021. IGI menilai menggeser tahun ajaran baru 2020/2021 ke...

Advertisement

You May Also Like

Pendidikan

Ikatan Guru Indonesia (IGI) meminta Kemendikbud guna menggeser tahun ajaran baru 2020/2021 ke bulan Januari 2021. IGI menilai menggeser tahun ajaran baru 2020/2021 ke...

Berita

Berdasarkan data yang masuk sampai Minggu (31/5/2020) pukul 12.00 WIB, diketahui terdapat 700 permasalahan baru Covid-19 di Tanah Air. Pemerintah menunjukkan bahwa masih terjadi...

Teknologi

Dilaporkan sebelumnya bahwa pada tanggal 9 Juni 2020 Xiaomi bakal mengungkap seri smartphone Redmi Note terbarunya di Indonesia, yakni Redmi Note 9 dan 9...

Kesehatan

At vero eos et accusamus et iusto odio dignissimos ducimus qui blanditiis praesentium voluptatum deleniti atque corrupti quos dolores.